Volang : Panderman yang eksotis

view dari loket masuk :)
VoLang its my lifestyle :)
tanggal 26 Mei lalu saya tiba tiba dapat bbm dari teman saya di malang "mbak fun camp ke panderman yuk besok kan tanggal merah?", sejenak terhenyak Panderman adalah salah satu tujuan mblakrak saya setelah kemarin sempat tertunda karena jadwal saya yang menggila serta juga jalur pendakian yang sempat ditutup akibat erupsi Gunung kelud, tanpa berpikir lama saya mengiyakan ajakannya, saya bergegas packing membawa keperluan untuk perjalanan kali ini, berangkat dari jember senin pagi pukul 09.00 dan baru samapi malang jam 16.00 apaaaa.....ini perjalanan yang lelet banget, seperti biasa karena besok tanggal merah pasti jalur utama selalu macet, sampai di terminal Arjosari saya langsung menghubungi teman saya akhirnya saya dijemput dan menuju ke Alun - Alun batu karena meeting point kita disana, menikmati malam di kota batu sangat berwarna sungguh membuat betah lama lama engga beranjak tapi tujuan saya bukan di sini, Panderman masih memanggil heuheuheu :D

finally..setelah lumayan lama menunggu dari yang awalnya jam 8 kita start berangkat jam 9 malam karena memang teman teman lain ada yang sibuk dengan izin kerjanya, dari rencana awal sebanyak 8 orang yang ikut namun ternyata bertambah menjadi 20 orang rame banget,dari kota batu ke desa terakhir di dusun Toyomerto kelurahan Songgokerto kec Batu malang sekitar 1 jam, kita parkir motor di rumah penduduk yang memang telah menyiapkan lahan parkir bagi para wisatawan yang hendak mendaki ke Panderman dengan tarif sekitar Rp. 5000,-, kami mengurusi perijinan dengan retribusi sekitar Rp. 3000,- sebelum mendaki kami semua berdoa menurut kepercayaan dan keyakinan masing masing, akhirnya pendakian dimulai pukul 10 malam, pendakian dimulai dari jalan berpaving hingga terkahir kami menemui jalanan berbatu, yang merupakan jalan setapak penduduk. Sampai disebuah gubuk kayu dengan ketinggian 1330 mdpl. Disitu kita juga menemukan sumber mata air terakhir didepan gubuk, jadi para pendaki bisa mengisi persediaan air disitu karena setelah itu tidak ada lagi sumber mata air, kita masih harus berjalan lagi hingga menuju (LATAR OMBO) yang merupakan POS 1 ,dengan ketinggian 1604 mdpl. Biasanya di sini, digunakan untuk mendirikan tenda oleh para pendaki. dikarenakan tempatnya datar, nyaman untuk bersistirahat. disini anda melihat indahnya gunung arjuna dan welirang. Dipuncak ini kita juga temui 2 gunung yang saling berjajar , yakni gunung bokong (kanan kita) dan gunung punuksapi (sebelah kiri) atau disebut juga gunung kembar, karena salah satu teman kami ada yang kelelahan akhirnya dari 20 orang hanya tinggal 5 orang yang memutuskan untuk terus ke puncak sisanya mendirikan camp di latar ombo
lumayan ramai karena memang hari libur

POS 1 LATAR OMBO
 dari 5 orang itu kita melanjutkan perjalanan lagi menuju puncak gemilang cahaya mengukir cinta seindah asa.... (apaan....malah nyanyi) hehehe, disini jalanan mulai terjal menanjak menuju puncak 2(WATU GEDE). Perjalanan ke puncak 2 mulai menanjak naik diantara pohon-pohon dan ilalang. Ketika kita temukan puncak berbatu, degan ketinggian 1746 mdpl.Setelah itu kita naik lagi kita menemukan batu yang lebih besar.itulah WATU GEDE  sedih karena vandalisme lumayan banyak disini :'(
ngeksis dulu ya :D

maksud hati memelukmu apa daya tangan tak sampai :D

sebenarnya foto foto ini saya ambil saat perjalanan turun dari puncak karena pada perjalanan menuju puncak malam hari saya sedikit enggan mendokumentasikan selain cuaca malam itu memang sedikit galau (cieeeee.......) ya karena memang ingin hati hati dalam perjalanan :)
view from pos 2 watu gede
kami pun melanjutkan perjalanan setelah beristirahat sejenak dan mengisi tenaga dengan minum dan makan bekal roti yang kita bawa perjalanan menuju puncak 3 terdapat 2 jalur, dan kami memilih Jalur kekiri merupakan jalur tanah menanjak langsung ke puncak 3, sedangkan jalur kanan merupakan jalur semak belukar (sekitar 2 meter-an) yang lebat. Kita putuskan melewati jalur kanan, walaupun agak jauh karena harus memutar, jalur ini tidak terlalu jauh.namun perlu hati hati karena sebelah kita jurang yang lumayan dalam apalagi jika jalanan licin. dan kami
Akhirnya,sampailah kita di puncak, puncak tertinggi gunung Panderman 2045 mdpl. Dari puncak 3 kita bisa melihat pemandangan kota batu dan gunung arjuno-welirang, walaupun tak terlalu jelas, karena memang pepohonan di puncak lumayan lebat dan kabut yg tebal.. Disana juga terdapat beberapa monyet liar, dan yang terkenal ada satu monyet putih yang kata teman teman dia premannya Panderman hehehe...perlu ekstra hati hati karena terkadang monyet monyet ini merampas makanan yang kita bawa :D, berikut sedikit dokumentasi tidak masalah meski hanya menggunakan kamera handphone yang penting keindahan dan eksotika Panderman selalu terkenang di hati dan membuat saya selalu ingin kembali kesana. :)

jangan difoto kakak...aku maluuuuu :D
lumayan rame yang ngecamp di Puncak Basundara

detik detik golden sunrise :) emejing masyaAllah :)

pose duyu kakak :)

sang legenda Panderman monyet putih

jalur menuju puncak 3 dikelilingi rimbun tanaman perlu berhati-hati karena pinggirnya jurang :)

jalur menuju puncak 3
sepanjang jalur dari pos 2 hingga puncak terdapat banyak pohon melintang :)

siluet me :)

ini betis apa tales bogor haha :D

sejenak pemandangan sekitar yang cukup indah. Dari tempat ini, untuk mencapai puncak diperlukan waktu sekitar 30 menit atau lebih karena medan yang menanjak merupakan hambatan yang tidak dapat dianggap enteng. Sampai di puncak yang disebut Puncak Basundara dengan tinggi 2045 mdpl ini, seluruh rasa letih akan terhibur saat di depan anda membentang pemandangan Gunung Arjuno dan Welirang, hamparan Kota Batu dan Malang, serta jika langit sedang cerah, kita juga bisa melihat gugusan pengunungan Tengger dan Gunung Semeru. - See more at: http://chk2489.blogspot.com/2013/03/jalur-pendakian-gunung-panderman.html#sthash.n1NbRe4a.dpuf

Sumber: http://chk2489.blogspot.com/2013/03/jalur-pendakian-gunung-panderman.html